SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR
23 TAHUN 2006 TANGGAL 23 MEI 2006
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN (SKL)
A. STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN SATUAN
PENDIDIKAN (SKL-SP)
Standar Kompetensi Lulusan
Satuan Pendidikan (SKL-SP) meliputi:
1. SD/MI/SDLB/Paket A;
2. SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
3. SMA/MA/SMALB/Paket C;
4. SMK/MAK.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan,
yakni:
- Pendidikan Dasar, yang meliputi SD/MI/SDLB/Paket
A dan SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
- Pendidikan Menengah yang terdiri atas
SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut
- Pendidikan Menengah Kejuruan yang
terdiri atas SMK/MAK bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya
Adapun Standar Kompetensi
Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) selengkapnya
adalah:
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Menjalankan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Mengenal
kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
- Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di
lingkungan sekitarnya
- Menggunakan
informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
- Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
- Menunjukkan
rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
- Menunjukkan
kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
- Menunjukkan
kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
- Menunjukkan
kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
- Menunjukkan
kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
- Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
- Berkomunikasi
secara jelas dan santun
- Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan
menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
- Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Menunjukkan
sikap percaya diri
- Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
- Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkup nasional
- Mencari
dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain
secara logis, kritis, dan kreatif
- Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeskripsi
gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab
- Menerapkan
nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik
Indonesia
- Menghargai karya seni dan budaya nasional
- Menghargai
tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
- Menerapkan
hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
- Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan
santun
- Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
- Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa
Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
- Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan
pekerjaannya
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
- Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
- Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis
dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan budaya
- Mengapresiasi
karya seni dan budaya
- Menghasilkan
karya kreatif, baik individual maupun kelompok
- Menjaga
kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan
lingkungan
- Berkomunikasi
lisan dan tulisan secara efektif dan santun
- Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan
keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
- Menunjukkan
keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa
Indonesia dan Inggris
- Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
SMK/MAK
- Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan
pekerjaannya
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
- Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
- Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis
dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Mengekspresikan
diri melalui kegiatan seni dan budaya
- Mengapresiasi
karya seni dan budaya
- Menghasilkan
karya kreatif, baik individual maupun kelompok
- Menjaga
kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan
lingkungan
- Berkomunikasi
lisan dan tulisan secara efektif dan santun
- Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan
keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
- Menunjukkan
keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa
Indonesia dan Inggris
- Menguasai
kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan
dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan
kejuruannya
Catatan:
* Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G ditetapkan
tersendiri
B.
STANDAR KOMPETENSI KELOMPOK MATA PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas
kelompok-kelompok mata pelajaran:
- Agama
dan Akhlak Mulia;
- Kewarganegaraan
dan Kepribadian;
- Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi;
- Estetika;
- Jasmani,
Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap
kelompok mata pelajaran, yakni:
- Kelompok
mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan: membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi,
estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
- Kelompok
mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan: membentuk
peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta
tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama,
akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan
jasmani.
- Kelompok mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan
analisis peserta didik.
Pada
satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan
sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan,
Pada
satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/Paket B, tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan
sosial, keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi,
serta muatan lokal yang relevan
Pada
satuan pendidikan SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan
sosial, keterampilan/kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan
lokal yang relevan
Pada
satuan pendidikan SMK/MAK, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa,
matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan,
kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
- Kelompok
mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik
menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya,
keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
- Kelompok
mata pelajaran Jasmani, Olah Raga,
dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar
sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga,
pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang
relevan.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masing-masing
satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. Agama dan Akhlak Mulia
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Menjalankan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
- Menunjukkan
sikap jujur dan adil
- Mengenal
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di
lingkungan sekitarnya
- Berkomunikasi
secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk
Tuhan
- Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
sesuai dengan tuntunan agamanya
- Menunjukkan
kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk
ciptaan Tuhan
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Mengamalkan
ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
- Menerapkan
nilai-nilai kejujuran dan keadilan
- Memahami
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun yang mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan
- Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
- Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan
Tuhan secara bertanggung jawab
- Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan
ajaran agama
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain
dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
- Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan
kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
- Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan
Tuhan secara bertanggung jawab
SMK/MAK
- Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain
dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang
mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
- Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan
kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
- Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan
Tuhan secara bertanggung jawab
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Menunjukkan
kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
- Mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
- Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di
lingkungan sekitarnya
- Menunjukkan
kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
- Mengenal
kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Menunjukkan
rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
- Berkomunikasi
secara santun
- Menunjukkan
kegemaran membaca
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
aman, dan memanfaatkan waktu luang
- Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan
menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
- Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui
kegiatan seni dan budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Menerapkan
kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi
terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan
perundangan
- Menghargai
keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam
lingkup nasional
- Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab
- Memahami
kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun
- Menunjukkan
sikap percaya diri
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai
dengan potensi yang dimilikinya
- Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan
untuk berkarya
- Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar,
dan aman dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain
dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat
- Menghargai
karya seni dan budaya nasional Indonesia
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis
dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung
jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Berkarya secara kreatif, baik individual maupun
kelompok
- Menjaga
kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat
kepribadian
- Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan
apresiasi terhadap karya estetika
SMK/MAK
- Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis
dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
- Menghargai
keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Mengembangkan
diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan
santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung
jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar
untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Berkarya secara kreatif, baik individual maupun
kelompok
- Menjaga
kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat
kepribadian
- Memahami
hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan
apresiasi terhadap karya estetika
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Mengenal
dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis,
kritis, dan kreatif
- Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan
guru/pendidik
- Menunjukkan
rasa keingintahuan yang tinggi
- Menunjukkan
kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
- Menunjukkan
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
- Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Mencari
dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif
- Menunjukkan
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
- Menunjukkan
kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Mendeskripsi
gejala alam dan sosial
- Memanfaatkan
lingkungan secara bertanggung jawab
- Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan
untuk berkarya
- Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
- Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
- Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk
mengikuti pendidikan menengah
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan
teknologi secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif secara mandiri
- Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan
sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang iptek
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan
daerah masing-masing
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk
pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis,
dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
- Menguasai
pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi
SMK/MAK
- Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan,
dan teknologi secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis,
kreatif, dan inovatif secara mandiri
- Menunjukkan
kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan
sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang iptek
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan
kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan
daerah masing-masing
- Memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
- Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk
pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca,
menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
- Menguasai kompetensi program keahlian dan
kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk
mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
4. Estetika
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Menunjukkan
kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Memanfaatkan
lingkungan untuk kegiatan apresiasi
seni
- Menghargai karya seni, budaya, dan keterampilan
sesuai dengan kekhasan lokal
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya
seni
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Memanfaatkan
lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
- Menunjukkan
apresiasi terhadap karya seni
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya
seni
- Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
SMK/MAK
- Memanfaatkan
lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
- Menunjukkan
apresiasi terhadap karya seni
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya
seni
- Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun
kelompok
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
SD/MI/SDLB*/Paket A
- Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
- Mengenal
berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup
bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Menunjukkan
kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
dengan memanfaatkan lingkungan
secara bertanggung jawab
- Mencari
dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk
menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
SMA/MA/SMALB*/Paket C
- Menjaga
kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk
menunjang kesehatan, ketahanan,
dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga,
dan kesehatan
SMK/MAK
- Menjaga
kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Membangun
dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk
menunjang kesehatan, ketahanan,
dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga,
dan kesehatan
Catatan: * Berlaku untuk A,B,D,E
Sedangkan untuk C, C1, D1, dan G ditetapkan tersendiri
Sumber : Salinan Permen No 23 TAHUN 2006