Pendidikan
merupakan suatu komponen yang sangat di butuhkan oleh setiap individu
untuk mengenali dan mengerti mengenai berbagai hal yang ada di alam
semesta ini. Mulai dari pendidikan kewarganegaraan, pendidikan tentang
hitung menghitung, pendidikan mengenai alam, dan berbagai macam
pengetahuan yang sehari-hari sangat melekat pada diri manusia. Suatu
negara di anggap baik dan maju biasanya di lihat dari kualitas atau
tingkatan pendidikan yang ada di negara tersebut. Semakin tinggi
kualitas pendidikan suatu negara, semakin dihargai dan disegani pula
negara tersebut. Apabila sebuah negara mempunyai kualitas pendidikan
yang rendah, maka secara otomatis negara tersebut akan sangat sulit
untuk maju dan bersaing dengan yang lain. Oleh karena itu pada saat ini
setiap negara sangat memperhatikan kualitas pendidikan yang baik. Tak
terkecuali dengan negara indonesia, saat ini negara indonesia mulai
memperhatikan aspek pendidikan bagi seluruh warga negaranya. Didalam
dunia pendidikan, inovasi adalah hal yang mutlak harus dilakukan karena
tanpa adanya inovasi maka akan terjadi ketidak seimbangan yang berimbas
pada elemen-elemen kehidupan yang lain seperti politik, ekonomi, sosial
dan budaya.
Sebelum melangkah ke inovasi pendidikan kita perlu mengingat kembali tentang invention dan discovery. Invention adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru yang berupa hasil karya manuasia. Benda
atau hal yang ditmukan benar-benar belum ada sebelumnya. Sedangkan
discovery itu sendiri adalah penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau
hal yang ditemukan sudah ada, tetapi belum diketahui oleh orang.
Dalam kaitan ini Ibrahim (1989) mengatakan bahwa inovasi adalah
penemuan yang dapat berupa sesuatu ide, barang, kejadian, metode yang
diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok
orang (masyarakat). Dari pengertian diatas dapat di
simpulkan bahwa inovasi pendidikan adalah suatu hal yang baru dan dengan
sengaja diadakan untuk meningkatkan kemampuan demi tercapai suatu
tujuan pembelajaran. Inovasi pembelajaran diadakan untuk membantu guru
dan siswa dalam menata dan mengorganisasi pembelajaran menuju
tercapainya tujuan belajar. Inovasi yang berbentuk metode
dapat berdampak pada perbaikan, meningkatkan kualitas pendidikan serta
sebagai alat atau cara baru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam
kegiatan pendidikan. Dengan demikian metode baru atau cara baru dalam
melaksanakan metode yang ada seperti dalam proses pembelajaran dapat
menjadi suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran.