Welcome Meet the Great Education and Art - Let Us Doing Good and Truth Degrees For Lifting People * Dipersembahkan oleh STRINGTONE project *

7/20/2012

7 Hal yang Bikin Blog Ditinggalkan Pembaca

Merasa bingung mengapa blog Anda yang awalnya ramai pengunjung, perlahan jadi sepi? Bahkan para follower blog yang dulu sangat interaktif, kini tak lagi muncul di laman untuk member komentar?

Pertanyaan macam itu sering terbersit di benak para blogger. Sebenarnya ada 7 “dosa” yang dilakukan blogger tanpa disadari, yang membuat popularitas blognya merosot. Apa saja itu?


1. Terburu nafsu

Begitu merasa blog kita ramai pengunjung, banyak dibicarakan orang, ada kesalahan fatal yang dilakukan si blogger. Yaitu, cukup lebay untuk segera menguangkan blognya. Dipasanglah iklan, lalu rajin memosting hal-hal yang kurang bermanfaat bagi pembaca, demi memancing iklan atau trafik. Ini bikin pembaca blog jadi malas berjunjung lagi, lho.

2. Terlalu Pede

Ini banyak terjadi di kalangan blogger. Saat blognya mulai banyak disukai orang, maka ia bersikap seolah tahu segalanya. Percaya diri terlalu tinggi membuat orang jadi “ilfil”, dan segan untuk berkunjung ke blog Anda. Jangan memaksakan opini pada orang lain, dan coba untuk menerima pendapat orang.

3. Penurunan kualitas

Sering terjadi, demi mengejar jumlah postingan blog, maka terjadi penurunan kualitas. Ia hanya mengejar kuantitas saja, tanpa memperhitungkan kualitas konten. Lama-lama ini akan disadari pembaca blog, dan akan meninggalkan bloh itu.

4. Kurang peduli pada pembaca

Cobalah untuk berinteraksi pada pembaca, apa sebenarnya yang mereka harap dari blog Anda. Interaksi seperti ini sangat berguna sebagai masukan pada blogger, sehingga mereka dapat memahami apa selera pembacanya. Pembaca juga merasa dihargai, sehingga segan untuk meninggalkan blog Anda.

5. Tidak fokus

Ada beberapa blog yang kuang fokus dalam tema konten, sehingga membuat pembaca tak menangkap apa sebenarnya yang ingin disampaikan si blogger. Coba tetapkan temanya, dan fokus pada tema itu agar tidak melenceng kemana-mana.

6. Pertimbangkan audiens

Anda menulis blog bukan untuk diri sendiri. Ada audiens atau pembaca yang menikmati tulisan Anda. Maka cobalah untuk tidak terlalu memikirkan pendapat pribadi, melainkan juga mempertimbangkan dan menghargai keberadaan mereka. Konten blog yang terlalu “egois” hanya bikin pembaca kabur.

7. Tidak konsisten

Sejumlah blogger kurang konsisten melakukan update posting, tidak menulis konten yang menarik, sehingga pembaca kerap kecewa.

Apakah Anda melakukan 7 kesalahan di atas? Nah, ayo coba segera perbaiki.

Sumber artikel: smedio.com